Samarinda (18/02), Hari Minggu identik dengan liburan bersama keluarga, apalagi saat long weekend seperti saat ini. Namun itu tidak berlaku untuk petugas Karantina Samarinda yang tetap melakukan pengawasan di Pelabuhan Sungai Samarinda.

Namun, kegiatan pengawasan di KM. Prince Soya yang akan berangkat menuju Pare-pare mendapat kejutan yang sama dengan kejadian yang pernah terjadi beberapa bulan lalu. Beberapa box mencurigakan dimasukkan ke dalam kapal tanpa lapor ke petugas Karantina Samarinda.

Curiga akan hal tersebut, Hadi Waluyo dan drh. Pradipta Hendra Saputra Petugas Karantina Samarinda yang sedang bertugas, menanyakan keberadaan box tersebut kepada pengurus kapal. Alhasil box ternyata telah disembunyikan di salah satu kamar. Dalam 5 box ditemukan puluhan burung liar yang akan dikirim ke Pare-pare tanpa disertai dokumen dan tidak dilaporkan kepada petugas. Petugas akhirnya melarang burung-burung tersebut untuk diberangkatkan dan membawa keluar burung-burung tersebut dari kapal.

Petugas Karantina Samarinda kemudian mencari tahu keberadaan pemilik burung tersebut. Pemilik ternyata telah keluar dari pelabuhan. Petugas kemudian berkoordinasi dengan PPNS karantina Samarinda drh. Muthohar Uddin. Uddin menginstruksikan untuk membawa burung ke kantor Karantina Samarinda untuk dilakukan inventarisir dan selanjutnya diproses.

#KarantinaSamarinda
#LaporKarantinašŸ•šŸŽ