Samarinda (24/05), Keramaian Kota Samarinda mendadak berpindah ke utara Kota Tepian ini. Bagaimana tidak, hampir seluruh pejabat dan sebagian masyarakat Samarinda berkumpul untuk menghadiri Acara Soft Opening Bandara APT Pranoto yang merupakan Bandara yang telah lama dinantikan warga Samarinda.

Acara ini, dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, yang disaksikan oleh Pejabat Kementerian Perhubungan RI, Walikota dan Bupati SeKaltim, DPRD, seluruh Instansi Pusat dan Daerah di Samarinda, Tokoh Masyarakat dan Kerabat Keluarga APT. Pranoto.

Acara ini sekaligus dijadikan momentum penerbangan perdana oleh salah satu maskapai swasta dengan rute penerbangan ke Tanjung Redep dan kedatangan dari Berau. “Memang, untuk saat ini masih rute domestik Kaltimtara, namun secepatnya akan mulai beroperasi juga pesawat ke pulau Jawa dan Sulawesi, bahkan ke Malaysia dan juga Singapura”, ucap Awang Faroek dalam sambutannya.

Terkait hal tersebut, Karantina Samarinda melalui Kepala Karantina Samarinda drh. Agus Sugiyono menegaskan bahwa seluruh petugas Karantina Samarinda telah bersiap mengingat frekuensi pemasukan dan pengeluaran media pembawa akan jauh lebih meningkat dibanding Bandara Temindung lalu, dengan selalu standby di counter pelayanan baik di terminal keberangkatan maupun di terminal kargo.