Home Uncategorized Ikuti Bimtek Pemantauan HPHK, Karantina Pertanian Samarinda Tunjuk Perwakilan ke BUTTMKP

Ikuti Bimtek Pemantauan HPHK, Karantina Pertanian Samarinda Tunjuk Perwakilan ke BUTTMKP

by webadmin

Rabu (16/03)- Perwakilan Pejabat Fungsional Karantina Hewan Samarinda menghadiri undangan Bimtek pemantauan HPHK (Hama Penyakit Hewan Karantina) yang dilaksanakan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP).

Acara Bimtek dilaksanakan pada tanggal 14 – 19 Maret 2022 dan dihadiri oleh perwakilan UPT Badan Karantina Pertanian seluruh Indonesia. Untuk Bimtek kali ini, Karantina Pertanian Samarinda menunjuk pejabat Karantina yakni drh. Yuke Novia Hardiyanti sebagai perwakilan.

Berdasarkan UU Nomor 21 tahun 2019 Pasal 27 ayat 3 bahwa untuk mengetahui potensi daerah sebaran HPHK dilakukan kegiatan pemantauan dan/atau surveilans. Seluruh UPT Barantan berperan mencegah masuk dan keluarnya HPHK tak terkecuali Karantina Pertanian Samarinda.

SobatQ, masih ingat kepanjangan HPHK? HPHK adalah Hama Penyakit Hewan Karantina, organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian hewan,  membahayakan kesehatan manusia dan menimbulkan kerugian sosial, ekonomi yang bersifat nasional dan perdagangan internasional.

Adapun Pemateri berasal dari dari Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian; Direktorat Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan; serta Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada.

“Dalam rangka terciptanya kelancaran pemantauan HPHK perlu adanya penyampaian informasi petunjuk teknis agar sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan target yang disusun dapat tercapai,” papar perwakilan dari Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani.

“Pedoman Pemantauan HPHK merupakan dasar UPT untuk melakukan kegiatan pemantauan tahun ini. Dengan adanya kegiatan ini, monitoring terhadap penyakit hewan yang ada di wilayah kerja Karantina Pertanian Samarinda dapat terlaksana sehingga dapat disusun peta status dan situasi HPHK di Indonesia.” Harap Yuke.

SobatQ, semoga dengan adanya acara ini Karantina Pertanian Samarinda lebih kompak dan semangat lagi dalam menjalankan tugas pemantauan daerah sebar HPHK di daerah. Semangat!

#karantinapertaniansamarinda

You may also like

Leave a Comment