Home Uncategorized Karantina Pertanian Samarinda Gelar Pemusnahan Arsip

Karantina Pertanian Samarinda Gelar Pemusnahan Arsip

by webadmin
Karantina Samarinda menggelar pemusnahan arsip inaktif yakni Dokumen Operasional Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan sebanyak 27.050 berkas dokumen. Arsip yang dimusnahkan saat ini adalah arsip tahun 2008-2015 yang berdasarkan peraturan sudah habis masa retensinya (masa simpan).
Pemusnahan arsip dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan dari Kepala ANRI Nomor: B-KN.00.03/480/2021 tentang Persetujuan Pemusnahan Arsip serta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor. 182/Kpts/TU.140/A/2/2022 tanggal 8 Februari 2022 tentang Pemusnahan Arsip.
Rezki Yudhistira Saleh selaku Koordinator Kearsipan dan Tata Usaha Pimpinan mengatakan, “Suatu arsip dikatakan musnah jika arsip tersebut sudah tidak memiliki nilai guna sekunder, lalu masa retensinya habis, serta mengacu pada JRA (Jadwal Retensi Arsip) dengan berketerangan musnah”.
“Pemusnahan merupakan salah satu tahap manajemen kearsipan, pengurangan jumlah arsip dilakukan untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dalam arsip dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab”, Ujar Cahyono Kepala Karantina Samarinda
Setelah pemusnahan, dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan arsip yang disaksikan oleh dua orang perwakilan BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan) Balikpapan serta Pejabat Karantina Samarinda
SobatQ pemusnahan dokumen perlu dilakukan sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan.

You may also like

Leave a Comment