Home Uncategorized Dukung Gratieks, Karantina Samarinda Genjot Ekspor Kayu Olahan

Dukung Gratieks, Karantina Samarinda Genjot Ekspor Kayu Olahan

by webadmin
Karantina Samarinda kembali lakukan sertifikasi terhadap permohonan ekspor kayu olahan asal Kalimantan Timur. Kegiatan yang dilakukan di Terminal Peti Kemas Palaran itu merupakan salah satu perwujudan peran karantina dalam memberi keyakinan bahwa media pembawa yang akan dikeluarkan dari wilayah Indonesia tidak berpotensi membawa penyakit. Hal ini tertuang dalam dalam UU No. 21 Tahun 2019. Kali ini fumigasi dilakukan terhadap Kayu olahan sebanyak 19,863 m3 tujuan Inggris dengan alat angkut menggunakan KM. Meratus Kapuas.
Kalimantan memiliki sumber kekayaan alam yang sangat berlimpah sehingga potensi ekspor pada sektor ini sangat tinggi. Berdasarkan data IQFast Karantina Samarinda, per Maret 2022 komoditas pertanian yang sering di lalulintaskan yaitu Hasil Kehutanan berupa kayu keruing, kayu lapis, kayu meranti, kayu veneer dan kayu olahan sebanyak 5378,9379 m3 dengan nilai ekspor Rp. 1.277.289.870.081,00. Selain itu hasil perkebunan berupa hasil turunan kelapa sawit seperti RBD, PKE dan PKO juga menjadi komoditas andalan ekspor. Sebanyak 5.024.695,447 Ton hasil turunan sawit telah di sertifikasi dengan nilai ekspor mencapai Rp 384.798.940.751,00. Adapun tujuan negara ekspor yaitu, India, Amerika Serikat, China, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
“Karantina Samarinda sebagai fasilitator akan terus mendukung kegiatan ekspor di wilayah Kalimantan Timur, dengan menjamin kesehatan dan keamanan media pembawa salah satunya melalui kegiatan pengawasan fumigasi” ungkap Cahyono selaku Kepala SKP Kelas 1 Samarinda.

You may also like

Leave a Comment