Home Uncategorized Amati Status Brucellosis, Karantina Samarinda Lakukan Pemantauan di Bontang

Amati Status Brucellosis, Karantina Samarinda Lakukan Pemantauan di Bontang

by webadmin

Karantina Pertanian Samarinda Awali Kegiatan Pemantauan HPHK (Hama Penyakit Hewan Karantina) Tahun 2022 di Kota Bontang.

Kamis (24/03)-Karantina Samarinda melakukan kegiatan pengambilan dan pengujian sampel darah sapi dari tiga kecamatan di Kota Bontang yang meliputi Kecamatan Bontang Utara, Kecamatan Bontang Selatan dan Kecamatan Bontang Barat.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 443/KPTS/HK.140/K/01/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pedoman Pemantauan HPHK Tahun 2022 maka tujuan pemantauan yang diambil Karantina Samarinda adalah untuk mempertahankan status bebas Brucellosis di Pulau Kalimantan sesuai Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2540/Kpts/PD.610/6/2009.

Pemantauan Daerah Sebar HPHK  dilaksanakan untuk mengetahui status dan situasi suatu HPHK pada suatu area serta memperoleh informasi keberadaan dan/atau tingkat kejadian HPHK di daerah sebar HPHK. Kegiatan pengambilan sampel darah untuk mengetahui status HPHK brucellosis pada ternak sapi di wilayah Kalimantan Timur.

Didampingi Tim Puskeswan dari Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian Kota Bontang, tim pemantauan Karantina Samarinda melakukan pengambilan sampel di beberapa kelompok ternak serta pengecekan kondisi kesehatan ternak dan pemberian vitamin. Sampel kemudian diuji Rose Bengal Test (RBT) dengan hasil seluruh sampel seronegatif Brucellosis.

“Saya sangat mengapresiasi pihak Puskeswan Kota Bontang yang telah bersedia bekerjasama dan membantu kami dalam melaksanakan kegiatan Pemantauan HPHK ini, semoga kedepannya kolaborasi dapat terjalin secara lebih baik demi menjaga Kalimantan Timur tetap bebas dari Penyakit Brucellosis,” ujar Yuke Dokter Hewan Karantina Samarinda.
 
#laporkarantina
#karantinapertaniansamarinda

You may also like

Leave a Comment