Home Uncategorized Analisis Resiko Penyakit, Karantina Samarinda Hadiri Bimtek di BUTTMKP

Analisis Resiko Penyakit, Karantina Samarinda Hadiri Bimtek di BUTTMKP

by webadmin
Perwakilan Pejabat Fungsional Karantina Hewan Samarinda menghadiri kegiatan bimbingan teknis penyusunan dokumen analisa risiko yang dilaksanakan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP).
Acara Bimtek dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Maret 2022 dan dihadiri oleh perwakilan UPT Badan Karantina Pertanian seluruh Indonesia. Untuk Bimtek kali ini, Karantina Pertanian Samarinda menunjuk pejabat Karantina yakni drh. Dinar Puspitasari Susilo sebagai perwakilan.
Berdasarkan PP Nomor 82 tahun 2000 Pasal 7 tentang Karantina Hewan, bahwa dalam hal tertentu Pemerintah dapat menetapkan kewajiban tambahan berupa persyaratan teknis dan atau manajemen penyakit berdasarkan disiplin ilmu kedokteran hewan, yang diatur lebih lanjut dengan Keputusan Menteri. Hal tertentu yang dimaksud adalah metode penilaian dan manajemen risiko penyebaran penyakit yang dapat ditimbulkan oleh lalu lintas media pembawa. Dokumen analisa risiko diperlukan sebagai acuan bahan kebijakan operasional teknis karantina hewan.
Adapun Pemateri berasal dari dari Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian; Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada serta Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.
“Dokumen analisa risiko merupakan langkah mitigasi dan perencanaan terhadap kesiapsiagaan darurat penyakit hewan sehingga tindakan karantina yang diterapkan menjadi efektif sesuai dengan tingkat risikonya”, harap Dinar.

You may also like

Leave a Comment