Home Uncategorized Launching Aplikasi Penatausahaan Dokumen, Karantina Samarinda Hadiri Sosialisasi Penatausahaan BMN

Launching Aplikasi Penatausahaan Dokumen, Karantina Samarinda Hadiri Sosialisasi Penatausahaan BMN

by webadmin
Optimalisasi Manajemen Barang Milik Negara (BMN), Badan Karantina Pertanian melakukan Sosialisasi Penatausahaan BMN dan Aplikasi Persediaan Sertifikat Karantina Pertanian Lingkup Badan Karantina Pertanian TA. 2022. Acara diselenggarakan di Brits Hotel Karawang, 28 – 31 Maret 2022.
Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN, pengertian Barang Milik Negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Sesuai UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, pengelolaan BMN harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat. Dimulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan pengamanan, pemanfaatan, penilaian, pemindahtanganan sampai dengan pemusnahan dan penghapusan. Seluruh kegiatan ditatausahakan dengan baik, disertai kegiatan pembinaan, pengawasan dan pengendalian.
Pengembangan Aplikasi Penatausahaan Dokumen ini bertujuan untuk membantu proses pencatatan data, baik dari proses permohonan sampai dengan pelaporan, didukung dengan konsep web-based platform, untuk menghindari permasalahan utama yaitu kesalahan pencatatan manual akibat human error. Sebelum adanya aplikasi ini, pencatatan dokumen dilakukan secara manual sehingga rentan terjadi misrecording dan asinkronisasi data.
Acara ini merupakan sosialisasi kepada petugas aplikasi guna pengelolaan dokumen utama yg lebih baik. Nantinya setiap wilayah kerja mengajukan permohonan dokumen utama menggunakan aplikasi kemudian disetujui operator aplikasi penatausahaan dokumen satker. Setelah itu permohonan diterima Pusat Barantan dan kemudian diproses untuk pengadaannya.

You may also like

Leave a Comment