• SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN
  • PIMPINAN & STAF BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
  • Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Karantina Pertanian Banjarmasin Meriahkan Hari Karantina Pertanian ke-145

Karantina Pertanian Banjarmasin Meriahkan Hari Karantina Pertanian ke-145

Banjarmasin (10/10) - Dalam rangka memeriahkan Hari Karantina Pertanian ke 145 (HKP 145), Karantina Pertanian Banjarmasin menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya donor darah, vaksinasi rabies gratis, aksi penanaman pohon, dan bazar murah di halaman kantor Karantina Pertanian Banjarmasin.

Berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin sebagai penyedia layanan, kegiatan donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 72 kantong darah untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Tingkat kesadaran masyarakat pemilik Hewan Penular Rabies akan pentingnya vaksin rabies pun terlihat cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya warga mendaftarkan hewan kesayangannya yang berupa anjing dan kucing untuk diberi vaksin rabies. Hingga kegiatan berakhir tercatat 100 dosis vaksin rabies berhasil diberikan oleh dokter hewan karantina yang bertugas.

Untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, Karantina Pertanian Banjarmasin juga menyuarakan aksi penanaman pohon dengan menyediakan 350 batang pohon dari berbagai jenis untuk ditanam di sejumlah lokasi seperti masjid, gereja, dan sekolah.  

Pelaksanaan bazar murah didukung oleh usaha dari Dharma Wanita Persatuan (DWP), mitra Karantina Pertanian Banjarmasin & UMKM di Kota Banjarmasin. Sejak dibuka pukul 09.00 Wita stand bazar sudah dipenuhi oleh pengunjung dari lingkungan sekitar. 

Nur Hartanto, Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin mengungkapkan apresiasi kepada tamu undangan, pengunjung, serta mitra yang sudah turut mendukung terlaksananya acara. “Terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta yang hadir, semoga kemeriahan Hari Karantina Pertanian ini dapat dirasakan oleh seluruh pihak,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai, DWP, serta dihadiri oleh beberapa instansi seperti Bea Cukai Banjarmasin, KSOP Banjarmasin, Pelindo, Korem 101 Antasari, Camat Banjarmasin Barat, dan masyarakat umum. Komunitas reptil Banjarmasin juga turut hadir memeriahkan acara ini.

Informasi Terkait