• SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN
  • PIMPINAN & STAF BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
  • Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Komitmen Terapkan Standar Pelayanan Publik, Ombudsman RI Beri Apresiasi

Komitmen Terapkan Standar Pelayanan Publik, Ombudsman RI Beri Apresiasi

Banjarmasin (01/11) - Karantina Pertanian Banjarmasin menerima kunjungan kerja Ombudsman Republik Indonesia dalam rangka pengawasan pelaksana pelayanan publik guna membangun kerja sama yang baik antar stakeholder di Provinsi Kalimantan Selatan.

Didampingi oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Yeka Hendra Fatika selaku Pimpiman Ombudsman RI yang mengampu Pengawasan Pelayanan Publik pada Bidang Ekonomi I (Pertanian, Pangan, Perdagangan, Pengadaan Barang Jasa, Pajak dan Keuangan) dan tim Ombudsman RI Pusat melakukan diskusi terkait layanan publik yang dimiliki oleh Karantina Pertanian Banjarmasin, serta upaya yang sudah dilakukan dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Kegiatan pengawasan ini merupakan salah satu cara yang digunakan dalam melaksanakan koordinasi dan kerja sama antara Ombudsman RI dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya, serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan untuk mencegah terjadinya maladministrasi pada unit pelayanan publik," ungkap Yeka.

Dalam paparannya Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nur Hartanto menyampaikan profil layanan instansi, data jumlah lalu lintas komoditas pertanian di Kalsel, tindakan karantina hewan (TKH) selama terjadi wabah PMK, serta komitmennya memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan publik.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan 24/7 kepada masyarakat dengan mudah, cepat, dan transparan sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Publik," jelas Nur. 

“Terima kasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Kalsel yang senantiasa turut mendampingi dan mengawasi standar pelayanan yang telah dilakukan oleh Pejabat Karantina kami sehingga laporan pengaduan masyarakat pun sangat minim,” tambahnya. 

Di akhir kegiatan, rombongan Ombudsman RI juga menyempatkan mengunjungi Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk meninjau langsung penerapan biosekuriti dan gambaran TKH yang dilakukan pada saat ada pemasukan hewan rentan PMK, didampingi oleh pihak Pelindo dan KSOP Banjarmasin.

Yeka pun mengapresiasi langkah dan komitmen Karantina Pertanian Banjarmasin dalam memenuhi kesesuaian standar pelayanan publik, serta berharap untuk terus meningkatkan capaian tersebut.

Informasi Terkait